AL Daring Visitasi Akreditasi Prodi HPI Terlaksana dengan Sempurna

Hari yang ditunggu-tunggu oleh Panitia Borang Program Studi Hukum Pidana Islam (HPI) Fakultas Syari’ah IAIN Bukittinggi pun datang. Setelah sekian lama tertunda, akhirnya jadwal AL Daring Visitasi Akreditasi pun ditentukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tepatnya hari Senin-Selasa, 5-6 April 2021, AL Daring Visitasi Akreditasi Prodi HPI dilaksankan dengan baik dan sempurna. Dr. Muhammad Lathaif Gozali, Lc., MA., dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel dan Dr. Kuat Puji Prayitno, SH., M.Hum dari Universitas Jenderal Sudirman diamanahkan oleh BAN-PT untuk menjadi Assesor dalam AL Daring ini.

Senin, 5 April 2021, AL Daring Visitasi Akreditasi Prodi HPI dibuka langsung oleh Rektor IAIN Bukittinggi, Dr. Ridha Ahida. Dalam sambutannya, Ibuk Rektor berharap Prodi HPI mendapatkan Akreditas Unggul “A”, seperti nilai yang diperoleh oleh Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah (HES). Hadir dalam prosesi pembukaan para Dekan dan Direktur Pascasarjana, ketua lembaga dan civitas akademika di selingkup IAIN Bukittinggi.

Setelah pembukaan, Dr. Muhammad Lathaif Gozali, Lc., MA., dan Dr. Kuat Puji Prayitno, SH., M.Hum mempreteli semua bahan-bahan yang dipersiapkan oleh Panitia Borang. Tim Assesor sangat santai menjalankan tugasnya, namun tetap teliti dalam memperhatikan semua berkas-berkas yang sudah ada. Sesi pertama dilaksanakan sampai Jam 12.00, kemudian dilanjutkan dengan istrirahat dan sholat zhuhur.

Jam 13.00 AL Daring kembali dilanjutkan dengan wawancara Tim Assesor bersama Alumni, Pengguna Lulusan, Mahasiswa, Desen dan Tenaga Kependidikan. Tepat Jam 16.00 AL Daring hari pertama selesai dilaksanakan.

AL Daring kembali dilanjutkan di hari kedua, Selasa, 6 April 2021. Jam 08.00 Tim Assesor langsung melanjutkan proses Visitasi. Setelah melakukan penulisan dan pengecekkan Berita Acara Asesmen Lapangan oleh Unit Pengelola Program Studi (UPPS), agenda dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara AL Daring.

Tepat jam 11.00 AL Daring ditutup secara resmi oleh Rektor IAIN Bukittinggi. Dalam sesi penutupan, Buk Rektor menyampaikan harapan, supaya AL Daring ini membawa kebaikan untuk Fakultas Syari’ah secara khusus dan IAIN Bukittinggi secara umum. Buk Rektor juga menyampaikan keoptimisannya dengan hasil AL Daring ini. “Kita sangat optimis, karena AL Daring berjalan sangat cair sekali, inilah AL Daring yang paling cair yang pernah kita ikuti, semoga hasilnya sangat memuaskan kita semuanya Civitas Academika IAIN Bukittinggi.” Harap Buk Rektor.

Selain itu, Dekan akultas Syari’ah, Dr. H. Ismail, M.Ag., memohon maaf kepada Dr. Muhammad Lathaif Ghozali, Lc., MA dan Dr. Kuat Puji Prayitno, SH., M.Hum jika selama proses AL Daring ini ada kesalahan. Pak Dekan menutup dengan pantun. “Dari Barus nak ke Pangkalan, banyak ditanam gambir komoditi ekspor, doa yang tulus kami panjatkan, semoga Bapak berdua cepat menjadi Profesor.” Ungkap Pak Dekan. (hdn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *