Ketua DEMA Fakultas Syari’ah IAIN Bukittinggi Ikuti Konsolidasi Nasional DEMA Fakultas Syari’ah Se-Indonesia di Yogyakarta

Agam Pratama, Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Syari’ah IAIN Bukittinggi mengikuti Konsolidasi Nasional DEMA Fakultas Syari’ah Se-Indonesia Tahun 2021. Konsolidasi Nasional ini dilaksanakan pada hari Kamis-Minggu, 9-11 April 2021 di University Hotel Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Konsolidasi Nasional diikuti oleh 23 DEMA Fakultas Syari’ah dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se Indonesia. Kegiatan ini diinisiasi oleh Para Ketua DEMA Fakultas Syari’ah dan Hukum se Indonesia, yang bertujuan untuk menyatukan persepsi, visi dan misi serta arah gerak DEMA Fakultas Syari’ah dan Hukum se Indonesia.

Persidangan dipimpin oleh 3 orang pimpinan sidang, yaitu Ade Sholahudin dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai Presidium Sidang, Fhariz Alfaizar dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh sebagai Wakil Presidium, dan Egi Feby Restianti dari IAIN Samarinda sebagai Notulen. Setelah melalui perdebatan dan perbedaan pandangan yang cukup alot, akhirnya forum sepakat untuk membuat suatu forum nasional sebagai wadah bagi DEMA Fakultas Syari’ah dan Hukum se-Indonesia.

Selanjutnya, persidangan dilaksanakan dengan mekanisme sidang komisi. Peserta sidang dibagi menjadi 3 komisi, yang masing-masing komisi membahas hal yang berbeda-beda. Komisi 1 membahas mengenai visi, misi dan tujuan organisasi, Komisi 2 membahas mengenai nama, semboyan, dan logo organisasi, serta Komisi 3 membahas tentang konstitusi dan landasan hukum berdirinya organisasi.

Setelah melakukan sidang komisi, akhirnya disepakati untuk membuat forum komunikasi DEMA Fakultas Syari’ah Nasional dengan nama DEMFASNA (Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Syari’ah Indonesia). Forum ini bertujuan sebagai wadah silaturrahmi, serta diskusi dalam menentukan arah gerak dan langkah strategis DEMA Fakultas Syari’ah Se-Indonesia kedepannya. Satukan Cita, Kuatkan Karsa menjadi Semboyan DEMFASNA.

Di akhir forum, dibentuk tim formatur yang akan membahas AD/ART organisasi untuk disidangkan pada Kongres Pertama DEMFASNA. Tim Formatur terdiri dari 9 Orang, yaitu: Junaidi Usman Lubis dari IAIN Padang Sidempuan, Egi Feby Restianti dari IAIN Samarinda, Ayatullah Faziun Rohman dari UIN Yogyakarya, Muji Prasetyo dari IAIN Purwokerto, Moh Sidiq Rizaldi dari UIN Surabaya, Fhariz Alfaizar dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Zaky Badrazzaman dari UIN Bandung, Andri dari IAIN Palangkaraya, dan Rizal dari UIN Malang. Kongres Pertama DEMFASNA disepakati akan dilaksanakan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Saya berharap dengan adanya DEMFASNA ini, komunikasi dan silaturrahmi antar DEMA Fakultas Syari’ah dapat terjalin lebih intens. Semoga forum ini dapat menjadi wadah diskusi bagi para pimpinan DEMA Fakultas Syari’ah untuk kemajuan Fakultas Syari’ah di Indonesia, serta membawa sumbangsih pemikiran bagi kemajuan bangsa dan negara.” Harap Agam Pratama, Ketua DEMA Fakultas Syari’ah IAIN Bukittinggi.

Forum ditutup dengan penandatanganan deklarasi bersama atas berdirinya DEMFASNA oleh 23 Pimpinan DEMA Fakultas Syari’ah Se-Indonesia. (hdn)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *