Sambut Datangnya Ramadhan, Alumni Fakultas Syari’ah IAIN Bukittinggi Gelar Silaturrahim

Senin, 12 April 2021, tepat satu hari sebelum Ramadhan 1442 H., Alumni Fakultas Syari’ah IAIN Bukittinggi mengadakan silaturrahim. Tema yang diangkat dalam silaturrahim ini adalah “Menjemput Ide Alumni Fakulutas Syari’ah IAIN Bukittinggi untuk Kemajuan Fakultas Syari’ah di Masa Datang.

Silaturrahim diisi dengan tausyiah yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. Asasriwarni, MH. yang juga merupakan alumni Fakultas Syari’ah IAIN Bukittinggi. Turut hadir dalam silaturrahim ini, Ketua Alumni Fakultas Syari’ah IAIN Bukittinggi, Sabar, A.S. yang sekarang menjabat sebagai Wakil Bupati Pasaman. Silaturrahim Alumni ini dimoderatori oleh Dr. Saiful Amin, M. Ag, alumni IAIN Bukittinggi angkatan 1984 yang juga menjadi Dosen di Fakultas Syari’ah IAIN Bukittinggi.

Silaturrahim dimulai dengan sekapur sirih dari Dekan Fakultas Syari’ah IAIN Bukittinggi, Dr. H. Ismail, M.Ag., yang juga alumni Fakultas Syari’ah angkatan 1987. Dr. H. Ismail, M.Ag. menyampaikan bahwa agenda ini digagas oleh pihak fakultas syari’ah, selain untuk silaturrahim, juga untuk menjemput ide dan gagasan para alumni untuk perkembangan Fakultas Syari’ah kedepannya.

Ketua Alumni Fakultas Syari’ah, Sabar, A.S. dalam sambutannya menyampaikan tentang urgensi dari silaturrahim ini. “Silaturrahim ini penting, untuk menyatukan persepsi antar semua angkatan untuk kemajuan kampus tercinta kita. Alumni kita sudah banyak bergerak di berbagai bidang, ini bisa menjadi kekuatan yang dapat memajukan almamater kita ini.” Ungkap Wakil Bupati Pasaman ini.

Silaturrahim Alumni Fakultas Syari’ah ini dibuka oleh Wakil Rektor III IAIN Bukittinggi, Dr. Miswardi, SH., M.Hum. Dalam sambutannya, Dr. Miswardi, SH., M.Hum. menyatakan bahwa pihak institut mengucapkan terima kasih kepada pihak fakultas yang sudah menggagas acara ini. Beliau menyampaikan tentang harapan-harapan terhadap alumni untuk kemajuan IAIN Bukittinggi. “Mari kita bersama-sama membesarkan IAIN Bukittinggi ini.” Harap Pak WR III.

Selanjutnya, Tausyiah yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. Asasriwarni, MH. Beliau menyampaikan perasaan berat hati beliau untuk memberikan tausyiah dalam forum alumni ini, karena para alumni ini banyak yang sudah menjadi da’i kondang yang biasa menyampaikan tausyiah. Namun, Prof. Dr. H. Asasriwarni, MH. tetap memberikan sedikit wejangan kepada para alumni yang hadir dalam forum silaturrahim ini. “Silaturrahim itu dimulai dari Ittishal (hubungan), kemudian dilanjutkan dengan Taaruf (saling kenal), setelah itu Tafahum (saling memahami), dan akhirnya adalah Taalluf (saling menyatukan hati).” Tausyiah Guru Besar UIN Imam Bonjol Padang yang juga alumni Fakultas Syari’ah IAIN Bukittinggi.

Cukup banyak alumni yang hadir dalam silaturrahim ini, baik alumni yang mengabdi di eksekutif (pemerintahan), legislatif (wakil rakyat), yudikatif (pengadilan), maupun alumni yang mengabdi di dunia kampus dan sekolah.

Diakhir acara, Prof. Dr. H. Asasriwarni, MH. mengharapkan adanya agenda halal bi halal setelah lebaran nantinya, dengan menghadirkan semua alumni yang sudah menjadi pejabat tinggi, seperti Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum. yang sekarang menjabat sebagai Gubernur Jambi. (hdn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *