ICOiSL 2021 Angkat Tema Problematika Hukum Keluarga di Asia tenggara dan Amerika

Senin, 15 November 2021, 3rd International Conference of Islamic Law (ICOISL) 2021 yang dilaksanakan oleh Fakultas Syari’ah IAIN Bukittinggi sukses dilaksanakan. Tema yang diangkat dalam ICOiSL ke-3 ini adalah Sharia and Justice in Contemporary Moeslim Family Law in Southeast Asia. Dosen Fakultas Syariah IAIN Bukittinggi, Asst. Prof. Dr. Saiful Amin, M. Ag. didapuk menjadi moderator dalam Seminar Internasional ini.

ICOiSL kali ini menghadirkan pemateri dari 5 negara. Prof. Dr. Mohd Nasran Mohamad dari Universitas kebangsaan Malaysia, Asst. Prof. Dr. Haji Noralizam bin Haji Ali Akbar dari Faculty of Sharia Seri Begawan Religious Teachers University College Brunei Darussalam, Asst. Prof. Madao Puteh dari Universitas Fatoni Thailand, dan Dodik Setiawan Nur Heriyanto, MH., LL.M., Ph. D dari Universitas Islam Indonesia (UII) bersama Christopher Michael Cason, JD., LL.M. Dosen UII yang berasal dari Amerika Serikat.

Dekan Fakultas Syari’ah, Dr. H. Ismail, M. Ag. dalam sambutan pembukaannya, menyampaikan bahwa conference ini sengaja mengambil tema Shariah and Justice in Contemporary Moeslim Family Law, mengingat begitu separnya  perkembangan yang terjadi dalam hukum keluarga ini. Di samping itu,  mengutip JND Anderson, beliau mengatakan bahwa hukum keluarga ini merupakan bagian penting dari syariah yang masih berlaku sampai saat ini. Beliau juga tidak lupa mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi atas kesediaan para narasumber untuk memperesentasikan hasil pemikirannya dalam ICOiSL 2021 ini. Di sela-sela kesibukannya mendampingi Kafilah KORPRI Sumatera Barat dalam ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) di Kota Kendari, Dr. Ismail, M. Ag. masih menyempatkan diri untuk menghadiri ICOiSL secara Virtual ini.

ICOiSL 2021 ini dibuka oleh Rektor IAIN Bukittinggi yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Dr. Asyari, M. Si. Dalam sambutannya, Dr. Asyari, M. Si. menyampaikan tentang penting dan menariknya tema ini untuk didiskusikan, sehingga para dosen, mahasiswa dan praktisi hokum keluarga harus mengikuti ICOiSL ini.

Seminar Internasional yang digawangi oleh Dr. Helfi, M. Ag. sebagai ketua dan Febriyeni, M.Ud.  sebagai sekretaris ini berjalan dengan sangat menarik. Diikuti oleh ratusan peserta, yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan praktisi hukum Islam, tidak hanya berasal dari IAIN Bukittinggi, akan tetapi juga berasal dari Perguruan Tinggi lain di Indonesia bahkan mancanegara. “Kita sangat puas dengan terselenggaranya ICOiSL 2021 ini, antusias narasumber dan peserta membuat acara ini menjadi lebih semakin luar biasa.” Ujar Dr. Helfi yang juga Kaprodi Hukum Tatanegara (HTN) ini. (Tim Redaksi FSyar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *