Studium General HTN Fakultas Syariah IAIN Bukittinggi dengan Tema “Negara Hukum dan Politik Hukum Islam di Indonesia”

Program Studi Hukum Tata Negara (HTN) Fakultas Syariah IAIN Bukittinggi menggagas kegiatan Stadium General dengan tema “Negara Hukum dan Politik Hukum Islam di Indonesia dengan menghadirkan Dr. Erie Hariyanto, MH, Wakil Dekan I IAIN Madura sebagai narasumber tunggal. Dalam presentasinya Dr. Erie Hariyanto, MH menyebutkan Sumatera Barat merupakan daerah yang banyak melahirkan tokoh-tokoh pendiri bangsa, diantaranya Bung Hatta, Hamka, Imam Bonjol dan lainnya. Potensi sejarah ini sebagai entry point dalam mengkaji  Negara hokum dan politik hukum Islam di Indonesia.

Lebih lanjut, narasumber yang juga merupakan salah seorang assessor BAN-PT ini menyatakan, dalam konstitusi, Negara Indonesia merupakan Negara hukum, artinya politik dan hokum harus bersinergi. Hukum harus menjadi arah dan pengendali politik. Kepincangan dalam memerankan salah satu elemen di antara hokum dan politik akan berimplikasi terhadap politik anarkhis dan beresiko lumpuhnya hokum sebagai institusi Negara.

Kegiatan stadium general yang dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2020 ini dan di ikuti oleh kurang lebih 100 orang peserta dari kalangan mahasiswa dan dosen IAIN Bukittinggidan IAIN Madura, dengan menggunakan zoom meeting mendapat respon yang positif dari peserta, hal ini dapat dilihat dari banyaknya muncul pertanyaan dan tanggapan dari peserta.

Kegiatan stadium general ini dimaksudkan untuk memperkaya khasanah keilmuan dikalangan mahasiswa dan dosen HTN Bukittinggi dengan menghadirkanp akar di bidangnya, demikiandikatakanka. Prodi HTN, Dr. Helfi, M.Ag ketika ditanya terkait latar belakang diadakannya kegiatan ini.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan sebanyak dua kali, insya Allah stadium general kedua akan dilaksanakan pada awal bulan November 2020”, imbuhnya.

Di awal kegiatan yang dimoderatori oleh Hendri, M.Si, sekretaris program studi HTN, dekan fakultas Syariah, Dr. Ismail, M.Ag berharap kegiatan ini bermanfaat terutama untuk mahasiswa program Studi HTN dalam memperkaya khasanah keilmuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *