Fakultas Syari’ah Dominasi Penerima Bantuan Penelitian Dasar dan Interdisipliner IAIN Bukittinggi Tahun 2021

Proposal Dosen penerima Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) dan Badan Layanan Umum (BLU) IAIN Bukittinggi Tahun Anggaran 2021 sudah diumumkan oleh Rektor IAIN Bukittinggi, Dr. Ridha Ahida, M.Hum. Klaster Penelitian Dasar dan Interdisipliner IAIN Bukittinggi Tahun 2021 didominasi oleh Dosen Tetap Fakultas Syari’ah.

Dari 6 proposal kelompok dosen yang diumumkan sebagai penerima Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) dan Badan Layanan Umum (BLU) IAIN Bukittinggi Tahun Anggaran 2021 Klaster Penelitian Dasar dan Interdisipliner, 4 proposal berasal dari kelompok dosen tetap yang berasal dari Fakultas Syari’ah. Alokasi dana yang diberikan kepada setiap proposal yang lulus pada klaster Penelitian Dasar dan Interdisipliner ini adalah Rp. 30.000.000,00.

Kelompok dosen Fakultas Syari’ah yang berhasil menjadi penerima Bantuan Penelitian Dasar dan Interdisipliner adalah: H. Basri Na’ali, Lc., M.Ag. dan H. Fahmil Samiran, Lc., MA., membahas tentang “Naskah Fiqh Bukit Gombak (Kodikologi dan Analisis Isi).” Adlan Sanur Tarihoran, M.Ag dan Dr. H. Edi Rosman, S.Ag., M.Hum., membahas tentang “Tarekat Syattariyah Sumatera Barat pada Masa Pandemi Covid 19.”, Dr. Helfi., M.Ag., dan Hendri., SHI., M.Si., membahas tentang “Mengurai Dinamika Pemberian Gelar kepada Anak-Anak dalam Tradisi Khatam Al-Qur’an di Minangkabau.” dan H. Muhammad Ridha. Lc., MA dan Desi Syafriani, S.Ag., M.A (Dosen FUAD) membahas tentang “Da’i Nagari dan Pembangunan Pedesaan (Analisis Swot Peran Strategis Da’i Pendamping Pemerintah Desa/Nagari dalam Menggerakkan Pembangunan Pedesaan di Kabupaten Pasaman.”

Proposal-proposal ini sebelumnya sudah dipresentasikan secara daring pada hari Kamis, 27 Mei 2021 pada agenda acara Seminar Proposal Penelitian Berbasis Standar Biaya Keluaran IAIN Bukittinggi Tahun 2021 yang difasilitasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Bukittinggi. LP2M IAIN Bukittinggi menghadirkan Tim Reviewer Eksternal untuk menguji dan memberikan masukan terhadap proposal para dosen. Tim Reviewer Eksternal yang dihadirkan adalah Prof. Dr. T. Zulfikar, S.Ag., M.Ed., Prof. Dr. Marhumah, S.Ag., M.Ed., Dr. Aan jaelani, M.Ag., Prof. Dr. Muhammad Abdun Nasir, Dr. Phil. Khoirun Niam., dan Dr. Arif Zamhari, M.Ag.

Dekan Fakultas Syari’ah, Dr. H. Ismail, M.Ag., sangat mengapresiasi keberhasilan para Dosen Tetap Fakultas Syari’ah ini dalam Penelitian Berbasis Standar Biaya Keluaran IAIN Bukittinggi Tahun 2021. “Tentu kita dari fakultas sangat senang dan mengapresiasi keberhasilan dosen-dosen kita ini, karena pastinya dapat menunjang akreditasi prodi yang ada di Fakultas Syari’ah.” Ungkap Pak Dekan. (hdn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *